Minggu, 15 November 2015

Resume Presentasi Ilmu Sosial Dasar Kelompok 1

Bab Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan 


Faktor yang mmempengaruhi Pertambahan penduduk:

1) kematian kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk 

2) kelahiran Kelahiran adalah lahirnya atau bertambahnya suatu keturunan dari makhluk hidup. kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk 

3) imigrasi imigrasi adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain. 



Macam - macam imigrasi:

1) Urbanisasi Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi menyebabkan penduduk kota semakin padat dan menimbulkan lingkungan yang kumuh. Selain itu, juga menyebabkan banyaknya pengangguran dan tindak kriminalitas di daerah perkotaan.

2) Transmigrasi Transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang sedikit penduduknya. Misalnya, transmigrasi dari Jawa ke Sumatera dan Kalimantan. Trasnmigrasi sangat bermanfaat untuk menyebar dan memeratakan penduduk di Indonesia.

3) Emigrasi Emigrasi merupakan perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri. Misalnya, emigrasi penduduk Indonesia ke Malaysia.

4) Imigrasi Imigrasi merupakan kebalikan dari emigrasi. Imigrasi merupakan perpindahan penduduk dari luar negeri ke dalam negeri. Misalnya, imigrasi penduduk Cina ke Indonesia.



Pertanyaan yang di ajukan terhadap kelompok 1:

1) Apa maksud piramida penduduk 

2) Batasan-batasan warga negara 

3) Apakah rasio ketergantungan mempengaruhi sebuah negara itu maju. 

4) Apa pengertian penduduk dan sosiologi 

5) Jelaskan persebaran penduduk dan faktor-faktornya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar